Tumpeng (Tumpenge cah E Matematika STKIP T.Agung)

Posted: 8 Desember 2009 in Lomba Tumpeng 2009
Tag:

Pengertian Tumpeng

Sering kita melihat gunungan dari nasi kuning atau nasi putih yang berbentuk kerucut pada perayaan hari-hari istimewa. Gunungan nasi tersebut kemudian dilengkapi pula dengan aneka lauk pauk dan garnis deri berbagai sayuran. Gunungan nasi yang berhias tadi terkenal dengan sebutan Nasi Tumpeng.

 

Lomba Tumpeng Di Kampus Ku

Nasi tumpeng merupakan warisan tradisi nenek moyang yang sangat tinggi maknanya dan mempunyai nilai yang sakral. Mengapa demikian ?.

Karena nasi tumpeng yang memang dibuat untuk acara perayaan tersebut memiliki arti dan makna yang lebih menunjukkan pada suatu rasa syukur kepada Tuhan YME. Jadi cara pembuatannyapun sebaiknya mengikuti pakem yang sudah ada.
Sebagian Tumpeng berbentuk kerucut yang mengandung makna ‘mengarah ke pada Tuhan YME’, sebagai pusat dari ungkapan syukur. Sehingga Tumpeng yang digunakan untuk acara Tasyakuran , cenderung berbentuk kerucut.

Tetapi lain halnya dengan nasi Tumpeng untuk acara – acara yang lebih bersifat modern, misalnya untuk acara Ulang tahun Anak , dan lainnya, maka nasi Tumpeng cenderung berbentuk lebih dimodifikasi. Misalnya berbentuk kotak, boneka, dan sebagainya.

Tumpeng-e

Lauk pauk yang digunakan dalam menghias Tumpeng sudah memiliki aturan tradisionalnya. Nasi Tumpeng untuk acara Tasyakuran Tujuh Bulanan misalnya, lauk pauknyapun akan berbeda dengan Nasi Tumpeng acara Tasyakuran Pindah Rumah.

Sesuai dengan aturan tradusionalnya lauk pauk untuk nasi tumpeng harus mengandung beberapa unsur. Unsur dari dalam tanah berupa umbi-umbian seperti kentang, ubi, kacang tanah dan kedelai. Unsur dari atas tanah berupa sayur-sayuran, unsur hewan berupa ayam, daging sapi dan telur. Sedangkan unsur dari laut berupa beraneka seafood atau hasil laut seperti ikan asin atau udang.

Kesemua unsur tersebut merupakan wujud perwakilan semua hal yang dimiliki manusisa untuk dipersembahkan kepasa yang Maha Kuasa. Mengenai jenis masakan, bisa selalu disesuaikan dengan selera atau asal daerah. Untuk tumpeng nasi kuning Jawa misalnya, bisa dipilih lauk ayam ingkung, kering tempe/kentang, sambal goreng hati ampela, perkedel kentang, urap sayuran, telur pindang, serundeng daging, ikan asin petek atau udang goreng.

Mr Yasip Sedepppp

Tumpeng biasanya ditaruh dalam niru

atau tampah yang diberi alas daun pisang. Kerucut nasi ditaruh di tengah ke

mudian aneka lauk disusun melingkar di sisinya. Bisa juga ditambahkan ekstra lauk-pauk dalam wadah terpisah. Sebagai hiasannya biasanya digunakan beberapa garnis sayuran atau daun. Daun peterseli, wortel, lobak ,bonggol sawi,ketimun Jepang,kacang panjang, da lain-lain dapat dibentuk dan dihias menjadi hiasan cantik dalam Tumpeng.

MenyerBu tumpeng temen-temen 3E matematika STKIP TULUNGAGUNG

Note :

Kebersamaan Tak ada Harganya WalauouPun dikit-dikit Kita tetep berbagi……

Uenak e rek Pengen maneh Kapan Ya bisa Kayak Gini lAgi hemz….

Anak-anak lonely Yang Compak Yah…..

Anak 3 E Matematika STKIP TULUNGAGUNG Cayo2222……………………

Ini Tumpeng Kelas quwh MoGa Bisa Buat Inspirasi

Model Tumpeng KElas quw Moga bisa Buat inspirasi

Wawwwwwwwww enak Banget hihiihihihihi Jadi Pengen Lagi Hemzzzzzz……

Komentar
  1. koropedang mengatakan:

    enaknya makan2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s