USAHA PEMBUATAN PELET IKAN

Posted: 23 November 2011 in Kewirausahaan

Nama                     : ENY ENDRAWATI

NPM                        : 0884202000877

Kelas/Smstr         : 7E

 

USAHA PEMBUATAN PELET IKAN

 @N_neey

  • Modal awal usaha Rp. 1.000.000

Membeli  alat pencetak pellet (Penggiling daging)berukuran 4 mm.    Rp.  450.000,-

Bahan baku pembuatan pellet per 100 kg dengan protein 31%

  1. 40 kg tepung ikan                   @ Rp. 6.000,-                        Rp.   240.000,-
  2. 25 kg jagung                             @ Rp. 2.500,-                         Rp.     62.500,-
  3. 10 kg kedelai                            @ Rp. 7.000,-                         Rp.     70.000,-
  4. 15 kg dedak (katul)                @ Rp. 2.500,-                         Rp.     37.500,-
  5. 10 kg tepung singkong         @ Rp. 5.500,-                         Rp.     55.000,-

Total   Rp.   915.000,-

  • Buat menyelip (meggiling) 25 kg jagung & 10 kg  kedelai               Rp.     20.000,-
  • Karung plastik                                                                           Rp.      15.000,-
  • Lain – lain                                                                                    Rp.      50.000,-

Total  Rp. 1.000.000,-

Cara pembuatan:

1)      Selip kedelai dan jagung

2)      Timbang bahan baku yang digunakan

3)      Campurkan bahan baku dilantai menggunakan skrop,  supaya tercampur rata beri air secukupnya

4)      Masukkan bahan yang telah tercampur dalam mesing pencetak pellet

5)      Keringkan bahan campuran diatas yang sudah digiling (sudah tampak pellet) kurang lebih 5 – 6 jam jika mataharinya mendukung (sampai kering).

6)      Kemas pellet-pelet tersebut dengan menggunakan karung plastik berukuran 25 kg.

PERHITUNGAN

  • Modal kita akan kembali pada bulan pertama, di bulan pertama ini kita belum mendapat ke untungan tapi modal awal kita akan kembali.
  • Di bulan kedua otomatis kita sudah tidak membeli lagi alat pencetak pellet.
  • Jadi dari bahan baku saja kita mengeluarkan Rp. 500.000,- per 100 kg pembuatan pellet dengan protein 31%.
  • Kemudian pellet tersebuat dijual dalam kemasan karung plastic yang berbobot @ 25 kg seharga Rp. 162.500,-

Jadi 100 kg pellet dapat menjadi 4 kemas sehingga,     4 x Rp. 162.500 = Rp. 650.000

Hasil penjualan per 100 kg pellet    Rp. 650.000,-

Pengeluaran buat bahan baku 100 kg pellet  Rp. 500.000,-    -

Keuntungan        Rp. 150.000,-

  • Dalam 1 bulan bisa memproduksi 300 kg pellet.

Hasil penjualan per 300 kg pellet                                Rp. 1.950.000,-

Pengeluaran Buat bahan baku 300 kg pellet          Rp. 1.500.000,-    -

Keuntungan           Rp.    450.000,-

 

PEMASARAN

Untuk saat ini pemasaran masih dijual di petani petani ikan didaerah sekitar.

THAANKKS MUGA BERMANFFAATT “Di Sini Saya Juga Masih Belajar” Maav Kalauuu Masih Kurang Sempurnaa….

About these ads
Komentar
  1. abi mengatakan:

    Pnten…emank alat mesin pres pelet g kepake tah teh ?

  2. agus mengatakan:

    saya pernah coba buat pelet apung, mampir ke blog saya ia-bambukuning.blogspot.com

  3. agus mengatakan:

    Mungkin bila ada yang ingin Investasi usaha ikan bakar atau ingin mengetahui percobaan saya membuat pellet apung, mohon mampir ke ia-bambukuning.blogspot.com ya, trim’s.
    buat mbak neny salam kenal, moga berusahanya kita baik untuk kita.

  4. Cipta Suryana mengatakan:

    kalau pelet yang ukuran 2 atau 3 mm bisa nggak?
    Thanks
    Cipta

  5. Yan Dewa mengatakan:

    Thanks atas infonya. saya mau nanya :
    1. gimana cara meningkatkan kadar proteinya
    2, Kalau boleh tau no hand phone, agar bisa kita kontak

    thanks

  6. obat ikan mengatakan:

    foto alat penggiling dagingnya seperti apa itu, mohon kalau ada tolong di foto. nuhun

  7. khairurais mengatakan:

    alat pencetak pelet beli di mana ya? bisa ngapung tidak?

  8. Black Wolf mengatakan:

    Sangat menarik artikelnya..
    neng nenymoo kayanya pakar bikin pelet untuk ikan
    btw bagaimana caranya membuat pelet agar kamu menyukai diriku?

  9. jaka mengatakan:

    nduk mang ikan mo makan pelet yg sudah jadi…tanpa penyedap & perangsang apatite “nafsu makan ” …low gak dmakan cama ikan Qta mubazir buat banyak2………….he he

  10. dony mengatakan:

    gmn mbak usaha pmbuatan pkan nya. udah d uji blm n gmna hsl nya.

  11. satria mengatakan:

    mba saya mau tanya, kbtulan saya lagi cari mesin pelet apung, pas nanya di toko2 mereka gak bisa menjelaskan mana pelet apung., mereka cuma tau peletnya keluarnya bulat., apa itu bisa dikatakan mesin pelet apung? dan ada juga yang bilang katanya untuk membuat pelet apung tergantung bahannya? apa itu bener mbak? mohon penjelasannya., trims

  12. agam mengatakan:

    mba, boleh tanya seputaran pelet ikan? saya kirim lewat email nanti yaaah, takut kepanjangan, he..3x
    thanks a lot

  13. Cselya Yohada Full mengatakan:

    mbak alat cetak kayak apa cih

  14. Muhammad Firdaus Sabhara DregsPdd mengatakan:

    MAU TANYA MBA’ APAKAH SEMUA BAHANNYA TANPA MELALUI PROSES PEMANASAN,, MISALNYA DIKUKUS DULU JAGUNGNYA ATAU??

  15. ono mengatakan:

    bner gk klo kotoran itu salh stu cmpurn untuk membuat pelet ikan tu?

  16. mas iik mengatakan:

    Bagus artikelnya, infornya sangat bermanfa’at bagi saya. Kebetulan saya sedang merencanakan pembuatan kolam untuk memelihara ikan lele, jadi kalau bisa buat pelet sendiri biaya pemeliharaan akan lebih murah… hatur nuhun teteh.

  17. sari mengatakan:

    Mbak jagungnya pake jagung apa?

  18. broer mengatakan:

    ass.,gmn cra agar pelt yg di brikan than lma dlm air/g gmpang ancur
    tfr bu

  19. deni a mengatakan:

    analisa usaha peletnya sangat berarti bagi saya mbak, terima kasih :D

  20. hanifuddin mengatakan:

    mba saya mau tanya, kbtulan saya lagi cari mesin pelet apung, pas nanya di toko2 mereka gak bisa menjelaskan mana pelet apung., mereka cuma tau peletnya keluarnya bulat., apa itu bisa dikatakan mesin pelet apung? dan ada juga yang bilang katanya untuk membuat pelet apung tergantung bahannya? apa itu bener mbak? mohon penjelasannya., trims

  21. Basrah Ahmad mengatakan:

    menarik bahasannya_ditempat saya ikan murah, perlu di publikasikan seperti apa alat cetakannya dan belinya dimana..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s